Sabtu, 16 April 2011

Ini Dia yang Gemar Menggerogoti Sendi


Sendi sebagai penopang tubuh selain tulang harus dalam kondisi prima agar gerak badan tidak terganggu. Tapi ada beberapa faktor dan kebiasaan yang bisa menggerogoti sendi yang kadang tidak menjadi perhatian orang.

Sendi merupakan suatu penghubung antara ruas tulang yang satu dengan ruas tulang lainnya. Fungsi sendi ialah untuk memungkinkan kedua tulang dapat digerakkan. Arah dan kuantitas gerakan tulang ditentukan oleh jenis persendian.

Secara alami sendi memang menanggung banyak beban. Tapi jika berat badan berlebihan atau tekanan berat pada sendi terjadi terus-menerus, maka sendi akan menanggung beban di luar kemampuannya, yang akhirnya bisa merusak rawan sendi.

"Hal tersebut bisa menyebabkan robekan-robekan kecil pada rawan sendi. Saat masih muda secara alami tubuh bisa memperbaikinya. Tapi kalau usianya semakin tua dan robekan makin parah, maka tulang bisa saling menempel dan menyebabkan osteoarthritis," jelas Dr dr Aris Wibudi, SpPD, KEMD, dari Departemen Penyakit Dalam RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Jumat (15/4/2011).

Setidaknya ada 5 hal yang bisa menggerogoti sendi dan dapat menyebabkan osteoarthritis:

Berat badan berlebihan atau obesitas
Penggunaan dan penekanan berlebih pada sendi, seperti terlalu lama bersimpuh, sering mengangkat beban berat, sering naik turun tangga.
Merokok dan terlalu sering minum kopi, karena rokok dan kopi bisa mengurangi kemampuan tulang menyerap kalsium.
Olahraga berat dan berlebihan. Untuk menghindarinya lakukan stretching dan latihan otot sebelum melakukan olahraga.
Kekurangan nutrisi, seperti kalsium, vitamin D, mineral, protein, makanan yang mengandung glukosamin dan air.


Glukosamin merupakan senyawa pembangun penting untuk sendi tulang rawan yang berperan sebagai bantalan pada ujung tulang dan mencegah tulang dari keretakan saat bergerak.

Untuk mencegah terjadinya osteoarthritis karena sendi mengalami beban di luar kemampuannya, Dr Aris memberikan beberapa cara pencegahan, antara lain:

Jaga berat badan tetap ideal
Perkuat otot penyangga dengan olahraga seperti berenang
Perhatikan apakah beban pada sendi berlebihan


"Pencegahan jauh lebih sempurna dari pengobatan," tutur Dr Aris.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms