Sabtu, 14 Mei 2011

Tugas internet 1A

TUGAS INTERNET 1 (X_MMD/13)
A.
1. PENGERTIAN LAN
            LAN dapat definisikan sebagai network  atau   jaringan   sejumlah  sistem
  komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung, satu kompleksgedung
  atau suatu kampus dan tidak  menggunakan media fasilitas komunikasi  umum
  seperti telepon, melainkan pemilik dan  pengelola   media   komunikasinya
  adalah pemilik LAN itu sendiri.
  Dari definisi diatas dapat kita ketahui bahwa sebuah LAN  dibatasi   oleh
  lokasi secara fisik. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkansemua
  komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar  data  atau  dengan
  kata  lain  berhubungan. Kerjasama  ini  semakin  berkembang   dari hanya
  pertukaran data hingga penggunaan peralatan secara bersama.
  LAN yang umumnya menggunakan hub, akan mengikuti  prinsip   kerja hub itu
  sendiri. Dalam hal ini adalah bahwa hub tidak memiliki pengetahuantentang
  alamat tujuan sehingga penyampaian data secara broadcast, dan juga karena
  hub hanya memiliki satu domain collision sehingga  bila   salah satu port
  sibuk maka port-port yang lain harus menunggu.
Sumber : abuhaqi.files.wordpress.com/2009/03/pengertiandanprinsipkerjalan.doc

2. PENGERTIAN MAN
            MAN adalah jaringan yang mencakup area dengan rentang sekitar 10-45 km. Jaringan yang menghubungkan beberapa bank yang terletak dalam satu kota atau kampus yang tersebar dalam bebrapa lokasi  termasuk sebagai MAN. Jaringan seperti ini umumnya menggunakan media transmisi dengan mikrogelombang radio
Sumber : www.linkpdf.com/.../bab-ii-landasan-teori-2-1-pengertian-man--.doc

3. PENGERTIAN WAN
         
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
Jaringan WAN (Wide Area Network) adalah kumpulan dari LAN dan/atau Workgroup yang dihubungkan dengan menggunakan alat komunikasi modem dan jaringan Internet, dari/ke kantor pusat dan kantor cabang, maupun antar kantor cabang. Dengan sistem jaringan ini, pertukaran data antar kantor dapat dilakukan dengan cepat serta dengan biaya yang relatif murah. Sistem jaringan ini dapat menggunakan jaringan Internet yang sudah ada, untuk menghubungkan antara kantor pusat dan kantor cabang atau dengan PC Stand Alone/Notebook yang berada di lain kota ataupun negara.
Sumber : images.bangarul.multiply.multiplycontent.com/.../Pengertian%20WAN.doc?...

4. PENGERTIAN BROWSING
          Browsing adalah kegiatan menjelajahi Internet. Menjelajahi Internet memiliki pengertian mengunjungi website-website yang ada di Internet.
Bagian-bagian Browser
  • Title Bar
  • Menu Bar        
  • Tool Bar
  • Address Bar
  • Status Bar
  • Task Pane
Sumber : www.linkpdf.com/download/3-dl/pengertian-browsing-.doc

5. PENGERTIAN SURFING
        Surfing di internet mungkin sudah menjadi makanan pokok untuk era modern seperi sekarang ini, dari pelajar mahasiswa maupun para pekerja ataupun karyawan, pasti pernah Surfing melalui media internet. kali ini saya akan mencoba menguraikan pengertian Surfing dan manfaatnya.
Pengertian Surfing menurut beberapa sumber adalah
- Surfing adalah Berselancar untuk menjelajahi informasi yang ada di internet. Berselancar ini bisa dilakukan dengan sebuah program yang disebut browser, software untuk berselancar.
Surfing dapat juga diartikan seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, mencari istilah dll.Surfing adalah menjelajah dunia maya atau internet untuk mencari sesuatu yg bermanfaat membaca berita secara online itu juga salah satu browsing.
Sumber : http://amr23.blogspot.com/2010/08/pengertian-browsing-dan-manfaatnya.html

6. PENGERTIAN SEARCHING
Searching berarti pencarian suatu situs yang belum kita ketahui secara pasti alamat yang dimiliki. Dalam melakukan searching biasanya kita gunakan search engine sebagai mesin pembantu dalam pencarian situs tersebut.
Search engine adalah sebuah fasilitas (web) yang bisa mencari links dari situs lain. Ada berbagai macam search engine yang bisa kita gunakan dalam searcing, yaitu ; yahoo, google, altavista, lycos, astaga, msn, dan lain sebagainya. Disini akan dijelaskan bagaimana cara searcing melalui beberapa
search engine yang pada umumnya dipakai yaitu dengan menggunakan google dan yahoo.
Sumber : http://herryplrr.wordpress.com/2010/02/20/pengertian-searching/

7. PENGERTIAN MAILING
        adalah metode untuk transmisi informasi dan benda nyata, dimana dokumen tertulis, biasanya tertutup dalam amplop dan juga paket-paket kecil yang dikirim ke tujuan di seluruh dunia. Segala yang dikirim melalui sistem pos disebut pos. [1]

Pada prinsipnya, layanan pos bisa bersifat pribadi atau publik. Pemerintah sering batasan pada sistem penempatan pos. Sejak pertengahan abad ke-19 sistem pos nasional umumnya telah ditetapkan sebagai monopoli pemerintah dengan biaya pada artikel prabayar. Bukti pembayaran sering dalam bentuk perangko perekat, tapi meter ongkos kirim juga digunakan untuk pengiriman massal.

Sistem pos sering memiliki fungsi lain selain mengirim surat. Di beberapa negara, Pos Telegraph dan Telepon (PTT) layanan mengawasi sistem pos serta memiliki otoritas atas sistem telepon dan telegraf. Sistem pos Beberapa negara 'memungkinkan untuk rekening tabungan dan menangani aplikasi untuk paspor.
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Mail

8. PENGERTIAN MAILING LIST
Mailing list adalah group diskusi dimana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi didalamnya. kita dapat membaca mail orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya. Setiap kali kita atau orang lain mereply sebuah mail, mail tersebut didistribusikan ke setiap mail box masing masing orang yang terdapat di dalam daftar. Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM'S) atau Mail Servers. Pengertian lain yaitu sebuah alamat email yang digunakan oleh sekelompok pengguna internet untuk melakukan kegiatan tukar menukar informasi. Setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Milis umumnya dimanfaatkan sebagai sarana diskusi atau pertukaran informasi diantara para anggotanya.
            Pengelompokan alamat e-mail. Artinya, apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest). Pengaturan diskusi melalui mailing list ini dapat diset dalam bentuk moderated atau unmoderated tergantung siapa saja yang boleh berkomentar dan ikut berdiskusi. Pengaturan diskusi dilakukan oleh seorang moderator.
            Secara sederhana, Mailing list adalah sebuah daftar alamat alamat email  yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.

9. PENGERTIAN PING
       
Ping (singkatan dari Packet Internet Groper) adalah sebuah program
utilitas yang digunakan untuk memeriksa konektivitas jaringan berbasis
teknologi Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP).
pengertian ping sendiri bisa di baca di ping wiki
            Fungsi dari Ping adalah untuk melihat apakah ada hubungan antara komputer yang satu dengan yang lainnya dengan cara mengirimkan sejumlah packet data
Ping mengirimkan IP datagram ke
suatu host dan mengukur waktu round trip dan menerima respon.
Ping menggunakan pesan ICMP echo dan echo reply.
Pinging 127.0.0.1 with 32 bytes of data
Reply from 127.0.0.1: bytes=32time<1ms TTL=128
Reply from 127.0.0.1: bytes=32 time<1ms TTL=128
Reply from 127.0.0.1: bytes=32 time<1ms TTL=128
Ping statistics for 127.0.0.1:
Packets: Sent = 3, Received = 3, Lost = 0 (0% loss),
Approximate round trip times in milli-seconds:
Minimum = 0ms, Maximum = 0ms, Average = 0ms
artinya
ping ke localhost(pc kita sendiri) dengan 32 bytes data
tanpa ada paket data yang hilang (dikirim 3 diterima juga 3)
ukuran 32bytes adalah ukuran buffer di windows secara default
fungsi buffer sendiri untuk melihat waktu yg dibutuhkan ketika paket ping dikirim dgn ukuran yg berbeda
Sumber : http://djuneardy.blogdetik.com/index.php/2009/09/03/pengertian-ping/

10. PENGERTIAN HYPERLINK
        Hiperlink adalah grafis atau teks dalam dokumen yang dapat menghubungkan pembaca ke halaman web atau blog yang lain, atau bagian lain dari dokumen. Bentuk yang paling sederhana ini disebut teks tertanam atau link tertanam.
            Dalam hal ini, hyperlink akan muncul sebagai kata tunggal atau kelompok kata yang biasanya akan ditandai dengan garis bawah, dan sering berwarna biru. Mengklik hyperlink akan membuka halaman lain ketika browsing.
            Kode HTML untuk hyperlink relatif sederhana.
Contoh: <a href="http://www.topdeh.com/?id=10021422">Cari duit online</a>

11. PENGERTIAN POP UP
        Pop-up ad adalah jendela iklan yang biasanya muncul tiba-tiba jika mengunjungi sebuah halaman web. Biasanya iklan ini tidak diperlukan dan harus disingkirkan agar tidak mengganggu proses menjelajah web. Untuk menangkalnya, dapat dipakai program penangkal Pop-up. Ada pula program penangkal pop-up yang terintegrasi dengan browser, misalnya yang terdapat pada browser Mozilla Firefox, Opera, dan Internet Explorer versi 7.
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pop-up_ad

12. PENGERTIAN UPLOAD
        Sering kali kita melalukan proses upload ke internet namun tidak sedikit dari kita yang kurang mengerti definisi Upload itu sendiri, berikut ini akan sedikit dijelaskan definisi Upload beserta tool-tool apa saja yang digunakan untuk proses Upload.
            upload atau unggah merupakan suatu cara untuk mengirimkan data anda (contoh: data gambar, data program, data word, data excel, data pdf) dari PC milik pribadi ke sebuah sistem Server atau sistem yang mirip lainya dan data kita akan di publikasikan di internet sehingga data milik kita bisa dilihat dan diambil oleh orang lain.
            Upload atau unggah ini sering kali dilakukan oleh banyak pengguna internet dengan harapan supaya data yang dimiliki bisa di gunakan oleh orang lain yang membutuhkan ataupun hanya untuk sekedar pembelajaran

tool-tool yang digunakan untuk proses upload adalah :
  • Cute FTP
  • Filezila
  • dll
            untuk mencari tool-tool upload anda tinggal memasukkan kata kunci "software upload" pada google.

13. PENGERTIAN DOWNLOAD
        Download, adalah istilah yang sering kita sebut ketika mengakses di Internet, baik di rumah kita sendiri atau dari Cyber@ccess. Download adalah langkah untuk mengambil sesuatu (gambar, dokumen, surat, dll.) ke dalam bentuk file dari Internet atau Intranet.
Dalam melakukan download file tergantung pada 4 (empat) hal, yaitu: kecepatan modem, kesibukan server, letak server dan tingkat kemacetan jaringan Internet.
1. Kecepatan Modem
Semakin cepat modem, semakin cepat file dapat Anda downlaod. Line telepon yang saling menyilang di planet kita ini adalah faktor keterbatasan yang utama. Hampir semua line telepon tersebut dapat mendukung 28.8 Kbps kecepatan modem. Tingkat transfer yang lebih dari itu tergantung pada kualitas kabel telepon lokal. Akan sia-sialah menginvestasi 56.6 Kbps modem, jika kabel telepon di daerah itu tidak mendukung. Jadi sebelum membeli modem dengan kecepatan 56.6 Kbps, periksalah teman-teman satu daerahmu, apakah ada yang menggunakan modem lebih dari 28.8 Kbps. Jika tidak ada satu orang pun yang dapat melakukan hubungan dengan kecepatan di atas 28.8 Kbps (asumsikan bahwa modem mereka dapat mengkoneksi lebih cepat), maka tidak ada gunanya membeli modem dengan kecepatan 56.6 Kbps.

2. Kesibukan Server
Server dapat memutuskan pengaksesan dari semua modem. Saat itu terjadi, pesan kesalahan yang sering muncul di browser adalah: ‘anonymous access denied’ atau ‘server returned extended information’. Kedua pesan itu berarti server terlalu sibuk dan tidak dapat memproses permintaan Anda. Tidak ada kesalahan dalam komputer Anda, tidak perlu panik, coba lagi saja.

3. Letak Server
Letak geografis memainkan peranan yang besar dalam kecepatan download. Semakin panjang line telepon, maka perjalanan file download juga semakin lama.
4. Tingkat Kemacetan Jaringan Internet
Anda dapat memiliki modem yang cepat dan tidak ada kemacetan, tetapi tetap saja bisa mengalami waktu down load yang lama. Penyebabnya karena dengan jumlah bandwidth yang sama, dalam waktu-waktu tertentu diakses oleh lebih banyak modem dibandingkan dengan waktu lainnya.
       
14. PENGERTIAN CHATTING
  Chatting adalah suatu program untuk para pengguna internet dimana saja berada agar bisa mengenal satu sama lain walaupun dia berada jauh dari kita.Dengan Chatting kita juga bisa melihat wajah orang yang baru kita kenal tersebut jika di komputer kita ada satu alat yang disebut WEBCAM.
Langkah-langkah melakukan Chatting dengan Yahoo Messenger
  1. Double Click Icon Yahoo Messenger
  2. Masukan User ID dan Password pada kotak dialog Sign In, seperti pada table di bawah ini :
  3. Jika kita mau chatting maka kita harus punya dulu USER ID dan PASSWORD agar kita bisa masuk dan memilih room yang kita inginkan.Banyak diantara pengguna internet di Indonesia yang sudah memahami dengan baik apa itu chatting. Program yang biasanya dipakai untuk chatting pada umumnya adalah Yahoo Massenger dan MSN Hotmail yang bisa kita download dari websitenya secara gratis.
  4. Tekan Enter atau Click Sign In pada kotak dialog, tunggu beberapa saat

15. PENGERTIAN PROVIDER
        ISP (Internet Service Provider) adalah perusahaan atau badan usaha yang menjual koneksi internet atau sejenisnya kepada pelanggan. ISP awalnya sangat identik dengan jaringan telepon, karena dulu ISP menjual koneksi atau access internet melalui jaringan telepon. Seperti salah satunya adalah telkomnet instant dari Telkom.
Sekarang, dengan perkembangan teknologi ISP itu berkembang tidak hanya dengan menggunakan jaringan telepon tapi juga menggunakan teknologi seperti fiber optic dan wireless. Di Bali, denpasar pada khususnya ISP dengan teknologi wireless paling banyaktumbuh.
Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/ISP
Karena teknologi ini “paling murah”. Tidak perlu membangun jaringan kabel, mudah dipindahkan, tidak ada biaya ijin dan lain-lain.
Lalu gimana sebenarnya kerja internet dengan adanya ISP ini?
ISP terkoneksi satu sama lain dalam Internet Exchange, interkoneksi. Sebagian besar ISP memerlukan upstream. ISP yang tidak memiliki upstream disebut Tier1, tier1 hanya memiliki pelanggan dan interkoneksi.
Sumber : http://pratiwiastuti.blogspot.com/2009/01/pengertian-isp.html

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms