Sabtu, 19 Maret 2011

Takut Radiasi, Warga China Borong Garam

Akhir-akhir ini, warga China dilanda kepanikan membeli garam setelah mendengar rumor tentang manfaat garam yang bisa mencegah penyakit akibat radiasi nuklir.

Kabar burung tersebut mengklaim adanya manfaat garam beryodium dalam mencegah keracunan akibat terkena radiasi. Akibatnya, hampir seluruh warga China berbondong-bondong menyerbu supermarket atau toko terdekat untuk membeli garam sebanyak-banyaknya.

Di Shanghai misalnya, sepertiga dari toko-toko yang berada di Jalan Maoming di Kabupaten Jing An mengalami kekurangan stok garam dalam dua hari terakhir. Padahal beberapa toko telah menerima pengiriman pagi tadi dengan jumlah tiga kali lipat dari jumlah persediaan normal. Pemilik toko atau supermarket juga sempat membatasi pembelian dua pak garam untuk setiap pembeli.

Dengan banyaknya permintaan garam yang melonjak tinggi, beberapa toko sempat menaikkan harga garam di luar batas normal. Satu pak garam seharga 1.8RMB misalnya, dihargai oleh pemilik toko sebesar 20RMB. Bahkan, menurut Komisi Pembangunan dan Reformasi Shanghai, setidaknya 12 kasus ilegal penimbunan dan penipuan harga garam telah terjadi dalam waktu dua hari belakangan ini.

Meskipun demikian, seperti yang dikutip oleh Shanghai Daily, Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional menyatakan kepanikan warga sudah mulai mereda dan harga garam juga mulai stabil dengan adanya peningkatan pasokan garam.

Hal ini juga diakui Mao Qingguo, General Manager dari produsen garam no. 1 di Cina, China National Salt Industry Corp (China Salt). Beliau mengungkapkan kepada harian Shanghai Daily, di sebagian besar wilayah Cina, para warga sudah tidak terburu-buru membeli dan menimbun garam di rumahnya.

Sebelumnya, pada Kamis 16 Maret lalu, China Salt sendiri telah menjual 370.000 ton garam, yang biasanya dijual dalam waktu 24 hari. Hal ini menunjukkan tingkat kepanikan warga terhadap efek radiasi yang diisukan akan menyebar di sebagian besar wilayah China.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms