Selasa, 18 Januari 2011

Makhluk Hidup Tertua di Dunia

Kehidupan yang dijalani oleh seluruh mahluk hidup didunia ini jauh lebih singkat dibanding waktu yang ditempuh setelah kematian. Para da’i telah berulang kali mengingatkan hal ini kepada kita agar kita tidak terlena oleh bujuk rayu yang dunia menghancurkan.
Tulisan ini tidak membahas jin, malaikat ataupun iblis. Pertanyaanya adalah : adakah mahluk hidup yang memiliki umur melebihi umurnya : jin, malaikat ataupun iblis?
Menurut para ahli, didunia modern ini masih terdapat mahluk hidup yang memiliki umur ribuan tahun. Mahluk apakah itu? Silakan nikmati artikel hasil penculikan dari lifeslittlemysteries berikut ini.

***
Menurut para ahli, umur seekor lalat dewasa hanyalah 30 menit, sedangkan rata-rata umur manusia modern hanyalah 60-70 tahun, walaupun pernah tercatat ada seorang perempuan yang hidup sampai 122 tahun. Mahluk hidup selain manusia yang pernah tercatat memiliki umur panjang adalah kura-kura yang terdapat di Kepulauan Galapagos dengan umur sekitar 190 tahun, bahkan beberapa ikan paus ada yang berumur 200 tahun.

pohon pinus bristlecone
Fakta menakjubkan tentang umur panjang justru berasal dari mahluk hidup yang bernama tanaman (pohon). Beberapa jenis pohon dikaruniai umur yang sangat panjang, ratusan tahun hingga ribuan tahun.  Pohon pinus bristlecone yang tumbuh di White Mountain sebelah tenggara California, pernah disebut-sebut sebagai pohon (mahluk hidup) tertua didunia. Para ilmuwan mencoba memaparkan analisa tentang jenis pinus tersebut, katanya pinus bristlecone hanya sedikit mengalami perubahan ketika mereka mulai tumbuh hingga tua dan tidak mengalami kerusakan layaknya tanaman lainnya.
Seiring dengan banyaknya temuan baru, maka pinus bristlecone tidak lagi menjadi satu-satunya mahluk hidup yang memiliki umur panjang. Adalah tanaman lain yang bernama  Methuselah. Tanaman ini diperkirakan telah berumur 4.841 tahun. Menurut analisa para ahli, usia pohon tersebut jauh melampaui usia peradaban manusia, karena pohon (tanaman) methuselah bertunas pada Zaman Perunggu atau sekitar dua ribu tahun sebelum Roma didirikan dan beberapa ratus tahun sebelum Mesir membangun Great Pyramid : Giza. Menurut dinas kehutanan AS, pohon methuselah mengalami pertumbuhan yang sangat lambat pada suhu dingin, yang membuat kayu mereka padat dan tahan terhadap penyakit.
Sebatang pinus bristlecone yang ditemukan pada tahun 1964 di Nevada, diketahui memiliki umur 100 tahun lebih tua dari methuselah. Pinus tersebut diperkirakan berumur 4.900 tahun dan baru ketahuan setelah pohon tersebut ditebang dan saat ini pinus almarhum tersebut mendapat julukan “Prometheus”. Para ahli meyakini masih ada pinus bristlecone yang berumur lebih dari 5.00 tahun, namun mereka tidak akan memburunya karena pengujian umur tanaman dapat merusak kulit kayu yang akhirnya akan merusak tanaman itu sendiri.
Untuk menjaga kelangsungan hidup Methuselah, dinas kehutanan AS merahasiakan lokasi tumbuhnya tanaman tersebut. Hal ini diantaranya agar kasus tumbangnya pinus bristlecone tidak terulang. Walau demikian, tanaman yang memiliki umur panjang bukan lagi “persaingan” antara pinus bristlecone dan methuselah, karena menurut ilmuwan Swedia, sejenis pohon cemara yang ditemukan di Propinsi Dalarna-Swedia, telah berumur 9.550 tahun. Ditambah lagi dinas kehutanan AS menyatakan, ada sejenis pohon yang berada di selatan Utah telah berumur 80.000 tahun.
*****
Ada satu pelajaran menarik tentang umur panjang.
Umur panjang yang dikaruniakan kepada tanaman atau binatang, jelas bukan beban bagi mereka. Namun sebaliknya, umur panjang yang dikaruniakan kepada manusia  justru akan menjadi beban, karena manusia cenderung tidak amanah sehingga semakin panjang umur yang dijalaninya malah semakin jauh membawanya menjauhi perintah agama.
Hanya Allah saja yang tahu akan rahasia semuanya ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grants For Single Moms